Faktor penyebab berat badan bayi tidak naik

Sebelum kita membahas mengenai apa saja yang membuat berat badan bayi susah naik, kita bahas dahulu mengenai apa saja yang mempengaruhi berat badan bayi. Padahal belum pasti badan bayi yang kecil dan kurus mengindikasikan bayi berpenyakitan dan mengalami gangguan seperti kurang gizi dan lain sebagainya.

Ibu mengkonsumsi obat tertentu yang efek sampingnya berpotensi menurunkan produksi ASI. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi minum ASI pada bayi.

Berat Badan Bayi Susah Naik Berat badan bayi memang menjadi salah satu parameter pertumbuhan bagi bayi. Racun di Dalam Tubuh Belum Terdegradasi dengan Sempurna Penyebab berat badan susah naik juga bisa jadi karena masih adanya sisa-sisa racun atau kotoran di dalam tubuh, terutama di bagian usus, yang belum terbuang sehingga menghasilkan kerak.

Exogenous, yakni penyebab yang disebabkan oleh tindakan pengasuh, seperti contoh adalah adalah ketidakmampuan fisik untuk memproduksi ASI yang cukup. Beberapa masalah pencernaan menyebabkan nutrisi yang didapat kurang dapat diserap dengan baik oleh tubuh bayi, sehingga menyebabkan pertumbuhan badannya terganggu.

Berbicara mengenai berat badan bayi, terkadang kita melihat berat badan bayi yang susah untuk dinaikkan. Bayi seringkali menangis setiap waktu. Bayi yang semacam ini merupakan dambaan bagi semua orang tua. Nikotin dan racun lain dalam rokok akan masuk ke darah ibu juga ke ASI.

Merokok Mengonsumsi alkohol Kurang istirahat Jika empat kebiasaan di atas sering Anda lakukan, jangan heran kalau sampai sekarang berat badan Anda masih jauh dari kata ideal. Anda juga bisa menerapkan cara menaikkan berat badan agar ideal yaitu dengan: Ada saatnya bayi akan mengalami pertumbuhan pada penambahan panjang badan sehingga kenaikan berat badan hanya bertambah sedikit saja.

Ibu jarang memerah ASI ketika terpisah dari bayi saat bekerja. Penyebab berat badan susah naik yang satu ini mungkin yang paling menyeramkan, namun benar adanya. Cara Mengetahui Berat Badan Cukup atau Tidak Cara yang paling sederhana dan praktis yang bisa orang tua lakukan untuk mengetahui apakah berat badannya cukup atau tidak adalah dengan menggunakan media Kartu Menuju Sehat KMSdan kami sarankan sebaiknya menggunakan KMS yang terbaru, karena pada KMS tersebut sudah terdapat berapa kenaikan berat badan minimum KBM pada anak setiap bulan.

Gangguan Metabolisme Tubuh Metabolisme tubuh yang sangat cepat juga menjadi faktor penyebab berat badan susah naik. Produksi ASI menurun tanpa sebab yang jelas. Ketika anda mencurigai bayi anda tidak dapat berkembang dengan baik, maka penting untuk memeriksa keadaannya.

Kenali beberapa faktor dan penyebab berat badan bayi naik sedikit tiap bulan di atas sehingga tumbuh kembang bayi Anda tetap terjaga. Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada kenaikan berat badan bayi.

Penyebab Berat Badan Bayi Tidak Naik dan Solusinya

Alangkah baiknya jika Anda mengkonsultasikan masalah berat badan yang kurang ini kepada dokter ahli gizi untuk mendapatkan kejelasan informasi mengenai penyebabnya. Salah satu masalah yang sering dijumpai pada ibu menyusui ialah mereka merasa bahwa berat badan anaknya tidak naik-naik atau begitu-begitu saja.

PENYEBAB BERAT BADAN BAYI TIDAK BERTAMBAH NAIK

Contoh dari faktor non nutrisis ini antara lain adalah bakan alergi, dan juga permasalahan penyerapan gizi pada bayi.

Segera ke dokter atau tenaga medis yang berkompeten untuk penanganan lebih lanjut.

Berat Badan Anak Tidak Naik-Naik

Beberapa gangguan seperti TBC atau diare menjadi beberapa pemicu utama yang membuat bayi sangat sulit mengalami kenaikan pada berat badan. Namun, keadaan ini tidak perlu dikhawatirkan.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Agar bayi mendapatkan nutrisi yang optimal dari ASI, maka para pakar meyakini untuk membiarkan bayi menyusu kapanpun ketika ia menginginkannya.Terkadang memang beberapa bayi mempunyai permasalahan pada berat badan mereka, yakni susah untuk naik.

Hal ini memang kerap kali menimpa beberapa bayi, sehingga bayi memiliki badan yang kecil dan berat badannya pun susah untuk menjadi gemuk atau susah untuk naik. Kurangnya asupan ASI pada bayi yang masih berusia 6 bulan kemungkinan menyebabkan berat badannya tidak bertambah, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti di jelaskan dalam laman babycenter, berikut 5 penyebab berat badan bayi tidak bertambah naik.

Selain karena faktor nutrisi, berat badan bayi sulit naik juga dapat disebabkan oleh penyakit, seperti mual dan muntah, diare berlebih, dan berbagai kondisi yang membuat bayi tidak mau menyusu.

Berat Badan Anak Susah Naik

Seperti refluks asam lambung, infeksi pada mulut dan tenggorokan, dan ancientmarinerslooe.com: Finna Prima Handayani. Jika berat badan masih tidak naik-naik selama 2 bulan berturut-turut, sebaiknya periksakan ke petugas kesehatan untuk mengetahui penyebab dari masalah tersebut.

Penyebab Berat Badan Bayi Sulit Naik

Semoga bermanfaat, dan pastikan anda memantau pertumbuhan anak anda secara rutin tiap bulan di Posyandu dan sarana kesehatan lainnya. Selanjutnya, faktor dan penyebab berat badan bayi naik sedikit tiap bulan ialah karena adanya GER (Gastroesophageal reflux).

GER menjadi salah satu gangguan pada otot yang menghubungkan perut, lambung dan kerongkongan atau lebih dikenal dengan saluran ancientmarinerslooe.com: Penulis Tamu.

Sep 17,  · BERAT BADAN ANAK SUSAH NAIK Perubahan berat badan merupakan indikator yang sangat sensitif untuk memantau pertumbuhan dan kesehatan anak. Bayi baru lahir hingga anak umur 1 tahun harus ditimbang setiap sebulan sekali.

Anak umur tahun harus ditimbang setidaknya setiap 3 bulan sekali. Titik-titik berat badan pada kurva pertumbuhan akan dihubungkan untuk mendapatkan .

Faktor penyebab berat badan bayi tidak naik
Rated 4/5 based on 38 review